Kamis, 11 Agustus 2011

PENGOBATAN MYIASIS DENGAN SEDIAAN KRIM MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH HIJAU (Piper betle L) PADA DOMBA YANG DIINFESTASI DENGAN LARVA Chrysomyia bezziana


Penelitian tentang penggunaan daun sirih untuk pengobatan telah lama dilakukan. Uji in vitro membuktikan bahwa minyak atsiri daun sirih hijau efektif untuk membunuh larva C. bezziana yang dikenal sebagai agen primer penyebab myiasis pada ternak, hewan liar dan hewan kesayangan serta manusia di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari minyak atsiri daun sirih serta pengaruhnya terhadap gambaran darah domba yang diinfestasi dengan larva C. bezziana. Empat luka insisi dibuat di bagian punggung domba (dua disebelah kanan dan dua disebelah kiri) dan setiap luka diinfestasi 25 larva. Empat perlakuan yang diuji adalah domba tanpa pengobatan (kontrol negatif/KN), domba yang diobati dengan asuntol 2% (kontrol positif/KP), dengan krim minyak atsiri 2% (MA 2%), dan dengan krim minyak atsiri 4% (MA 4%). Variabel yang diamati adalah perubahan gejala klinis, jumlah dan berat larva serta pupa yang dikoleksi dari luka myiasis termasuk persentase jumlah eosionopil dan neutropil. 

(A) Domba yang telah dicukur pada bagian punggung dan diberi 2 ring di bagian kanan dan kiri, (B) Domba yang telah diinfestasi dengan larva C. bezziana – punggung ditutup dengan kotak plastik dan sponge basah untuk menjaga kelembaban, (C) Larva C. bezziana yang berkembang didalam luka myiasis  (D) Perbedaan bobot pupa pasca dikoleksi dari luka myiasis domba.

Hasil pengamatan gejala klinis menunjukkan bahwa domba yang menderita myiasis mengalami peningkatan suhu tubuh akibat reaksi radang yang ditandai dengan peningkatan jumlah eosinofil dan neutrofil. Domba MA 2% dan MA 4% tidak menunjukkan perbedaan yang nyata pada masing-masing variable yang diamati. Pengobatan myiasis dengan minyak atsiri daun sirih mampu menghambat pertumbuhan larva secara nyata akibat dari efek cerna dan efek kontak bahan aktif yang terkandung didalam minyak tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar